Paus Biru (Blue Whale)

Blue Whale image

Palemahan- Paus Biru atau Balaenoptera musculus memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Paus biru terbesar yang pernah ditemukan mencapai ukuran 33 meter dan berat 181 ton. Panjang tersebut setara dengan 9 mobil, dan ukuran jantungnya setara ukuran satu mobil kecil dengan berat 900kg. Dengar ukuran tersebut, paus biru menjadi mahkluk terbesar di bumi, bahkan lebih besar dibandingkan fosil dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan. 

   Bagian Punggung paus biru memiliki warna biru kehijauan hingga abu-abu. Bagian perut paus ini memiliki warna yang lebih terang. Sedangkan bagian kepala dan ujung ekornya berwarna abu-abu. Paus biru memiliki bentuk kepala yang pipih dan menyerupai huruf U. Di bagian atas kepala paus ini terdapat lubang yang berfungsi untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Ukuran paru-paru paus biru memiliki kapasitas yang besar yaitu mencapai 5000 liter, dan mampu menahan nafas hingga satu jam. Hal ini sangat membantu paus untuk menyelam di laut dalam. Ketika menghembuskan nafas, paus biru mengeluarkan semburan air yang dapat mencapai ketinggian 12 meter. Bayi paus biru yang baru lahir umumnya memiliki panjang 8 meter, dengan berat 3-4 ton dan mampu meminum 50 galon susu setiap harinya dari sang induk. Berat bayi paus bertambah 90 kg per harinya saat masih menyusui, dan berhenti menyusui saat usia 7-8 bulan yang telah mencapai ukuran tubuh 15 meter.

Mengapa Paus Biru bisa mencapai ukuran yang begitu besar?

   Para peneliti hingga saat ini belum yakin penyebabnya. Peneliti berpendapat bahwa paus biru dapat mencapai ukuran tersebut karena mempunyai ruang hidup yang besar. Walaupun ukuran tubuhnya begitu besar, makanan utama paus biru adalah krill (jenis udang kecil). Paus ini juga memakan berbagai jenis spesies zooplankton, dari satu samudera ke samudera lain. Mamalia ini memakan kurang lebih 3600 Kg krill dalam sehari. Mereka mencari makan di daerah yang terdapat krill dalam jumlah besar. Selain menyandang gelar mahkluk terbesar, paus biru juga salah satu mahkluk dengan suara terkeras. Paus biru memiliki kekuatan suara mencapai 188 dB. Suara paus biru masih lebih keras jika dibandingkan dengan suara pesawat jet yaitu 140dB. Paus biru juga mampu mendengar suara paus lain hingga jarak 1600 km. Suara yang keras digunakan oleh paus biru untuk komunikasi dan navigasi.

   Kecepatan berenang rata-rata paus biru mencapai 15-20 km/jam, dan bisa mencapai kecepatan tertingginya 50 km/jam. Saat mencari makan, kecepatan berenang paus biru hanya sebesar 5 km/jam. Paus biru merupakan hewan yang memiliki umur panjang. Rata-rata paus biru berumur 80-90 tahun. Paus biru tertua yang pernah ditemukan diperkirakan berumur 100 tahun. Para ilmuan memprediksi umur paus dengan cara menghitung lapisan lilin pada telinga paus. Karena ukuran, kecepatan, dan kekuatan nya, paus biru dewasa hampir tidak memiliki predator alami. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa paus biru kerap diserang oleh paus orca. Selain predator alami, keberadaan paus biru dapat terancam karena aktivitas manusia. Kebisingan di laut akibat penggunaan sonar yang dapat mengganggu navigasi paus, sehingga kerap kali menyebabkan paus terdampar. Selain itu, mikroplastik menjadi salah satu masalah serius yang dapat mengancang keberlangsungan hidup paus biru.

Berapa Populasi Paus Biru?

   Populasi paus biru sangat menurun drastis dibandingkan awal abad ke-20. Menurut IUCN Redlist saat ini paus biru hanya tersisa sebanyak 10.000-25.000 ekor. Penurunan populasi ini disebabkan karena perburuan pada akhir 1800an. Selain itu, naiknya suhu permukaan laut mempengaruhi penurunan populasi krill yang merupakan makanan pokok paus biru.


image: The Marine Mamals Center

0 Comments